In CATATAN SEMASA PENDIDIKAN

Sastra Klasik

Pengertian
Sastra klasik, sastra lama, atau sastra tradisional adalah karya sastra yang tercipta dan berkembang sebelum masuknya unsur-unsur modernisme kedalam sastra itu. Dalam ukuran waktu, sastra klasik (nusantara) dibatasi sebagai sastra yang berkembang sebelum tahun 1920an, yakni rentang waktu sebelum lahirnya sastra angkatan balai pustaka.

Ciri-ciri sastra klasik
KArya sastra (melayu) klasik adalah jenis sastra yang berkembang pada masa masyarakat melayu tradisional. Secara umum, bentuk karya sastra, melayu lama, memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Nama penciptanya tidak diketahui (anonim) karena itu, karya sastra lama merupakan milik masyarakat itu sendiri.
2. Bersifat pralogis, mempunyai logika tersendiri yang tidak sesuai dengan logika umum.
3. Bekembang secara statis dan mempunyai rumus yang baku, dalam bentuk prosa, misalnya kata-kata klise, sahibul hikayat, menurut empunya cerita, konon dan sejenisnya. Disamping itu, satra melayu klasik dipenuhi pula dengan berbagai ungkapan peribahasa, dan aneka jenis majas.
4. Yang dikisahkan berupa kehidupan istana, raja-raja, dewa-dewa, para pahlawan, atau tokoh-tokoh mulia lainnya.
5. Disampaikan secara, dari mulut ke mulut karenanya tidak memiliki banyak versi. Setiap orang menyampaikan cerita itu dengan berbagai penambhan dan perubahan disana-sini sesuai dengan pemahaman orang yang bersangkutan pada cerita itu.

Nilai-nilai pendidikan dalam karya sastra klasik
Karya sastra klasik umumnya mengandung nilai-nilai pendidikan yang dominan. Hal ini memang dapat dipahami karena peranan karya sastra pada zaman dahulu tidak sekadar sebagai media hiburan, melainkan juga sebagai media didaktis sesungguhnya merupakan personifikasi dari kehidupan manusia. Isinya merupakan nasihat dan pelajaran, orang yang mendengarkan itu tidaklah merasa digurui 





Bahasa Indonesia (X.1)
Sabtu,
4 April 2009.

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Aku (Simu)

My photo
: Tuang kata, ukir makna, pena menari, acak akal, kaya-karya.

Comments