In CATATAN SEMASA PENDIDIKAN

Paragraf Generalisasi, Sebab-Akibat, dan Analogi

 Membuat paragraf generalisasi, sebab-akibat, dan analogi dengan tema harga menhelang puasa.


1. Generalisasi

    Harga beras telah mengalami kenaikan cukup signifikan pada bulan januari lalu. Kemudian disusul oleh kenaikan harga minyak goreng hingga 40% pada bulan juni. Dan pada dua bulan terakhir ini harga kebutuhan pokok telah merambat naik pada kisaran 10% hingga 30%. Dengan demikian, harga bahan pokok menjelang puasa hingga lebaran tiba akan terus meranjak naik.


2. Sebab - Akibat

    Saat bulan puasa dan menjelang lebaran tiba, tingkat kebutuhan konsumen meningkat namun produsen tidak dapat memenuhi permintaan tersebut. Selain itu, adanya permainan dari pihak distributor yang mehanan barang membuat stok kebutuhan barang di pasar menipis. Hal tersebut memicu kenaikan harga kebutuhan pokok dikalangan masyarakat.


3. Analogi

    Harga kebutuhan pokok menjelang puasa tahun ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada dua bulan terakhir ini saja harga naik pada kisaran 10% hingga 30%. Hal ini juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, dimana harga beras dan minyak goreng mengalami kenaikan. Sama halnya dengan tahun lalu harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan.


Bahasa Indonesia ( XII IPA 3)

Jumat,

20 Agustus 2010.

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Aku (Simu)

My photo
: Tuang kata, ukir makna, pena menari, acak akal, kaya-karya.

Comments