In CATATAN SEMASA PENDIDIKAN

Kota dan Pedalaman Sama-sama Beradab


Mini Makalah ISBD (Ilmu Sosial dan Budaya Dasar) #2
Kenapa saya mempublish ini? Selain sudah hampir lima tahun lebih makalah ini tersimpan rapih dan agar tetap tersimpan jika ada pada blog ini, karena sangat susah mendapatkan nilai bagus pada mata kuliah ini, dan ini sebuah prestasi bagi kami yang berkali-kali berhasil mendapat nilai B-, cuma B-? iya karena susah, kami pernah mendapat nilai C, nilai terbaik kami A- dan ini adalah nilai tertinggi dari semua makalah pada kelas kami. Kenapa disebut mini makalah? karena tugas ini tidak memperhatikan sistematika penulisan, penilaian hanya fokus pada isi. Mini makalah yang kami buat sebenarnya berjumlah 7 seperti pada foto dibawah, tapi yang masih tersimpan hanya 4. Kali ini saya akan membagikan tentang:


Judul Mini Makalah : Kota dan Pedalaman Sama-sama Beradab

Dosen Mata Kuliah  : Priarti Megawati, M.Pd

Kelompok I              :
Fery Putra Nur Rozzaq  201213500617
Avivani Fauziah             201213500621
Siti Munawaroh             201213500657
Risma Windania            201213500638
Jannariah Alfiana Udjir 201213500613
Liya Nariyah                 201213500695

Program Studi          : Pendidikan Matematika

Universitas               : Universitas Indraprasta PGRI

Tahun                       : 2012

Nilai                         : B-


I. Pendahuluan
       Peradaban adalah kebudayaan yang mencapai tingkat tertentu, yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi dan spiritual. Masyarakat yang telah mencapai tahap kebudayaan tertentu dan telah maju berarti masyarakat tersebut telah mencapai tingkat peradaban tinggi (beradab) yang bercirikan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan lain-lain.
       Masyarakat kota apabila dilihat dari penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan lain-lain. Tentu lebih bisa disebut telah mencapai tingkat peradaban tinggi. Karena ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tersebut sangat mudah masuk ke daerah perkotaan daripada pedesaan dan bahkan suku pedalaman. Selain jaraknya yang jauh dari pusat keramaian, medan jalannya pun sangat berat untuk mencapai tempat dimana suku pedalaman tinggal. Alhasil alat transportasi pun sangat sulit di dapat.
       Suku pedalaman apabila dilihat dari penguasaan ilmu pengetahuan jauh lebih minim dibanding masyarakat kota, karena melangsungkan kehidupannya berdasarkan pada cara-cara atau kebiasaan-kebiasaan lama yang masih diwarisi nenek moyangnya. Suku pedalaman beradaptasi dengan lingkungan alam dan sosial sekitarnya tanpa menerima pengaruh dari luar.

II. Pembahasan

  • Pengertian Masyarakat Kota dan Suku Pedalaman
       Masyarakat kota adalah masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban dunia masa kini. Masyarakat kota nan modern mengaku punya agama paling mulia. Masyarakat kota terkesan modern.
        Masyarakat pedalaman adalah masyarakat yang terasing dinegerinya sendiri dan kehidupannya masih banyak dikuasai oleh adat istiadat lama. Suku pedalaman sering dikutuk sebagai orang kafir dan tak bertuhan. Suku pedalaman masih primitive dengan pola hidup secara nomaden tanpa merubah dan merusak alam, ini memberikan pembelajaran berharga kepada kita untuk melestarikan hutan.

  • Ciri-ciri Masyarakat Kota dan Suku Pedalaman
       Ciri-ciri masyarakat kota:
       - Pembagian kerja sudah terspesialisasi dengan jelas
       - Terdapat sistem perdagangan dan pertukaran
       - Mempunyai sarana komunikasi dan telekomunasi yang lengkap
       - Lembaga pemerintahan lebih maju

       Ciri-ciri masyarakat pedalaman:
       - Hubungan langsung dengan alam
       - Mobilitas sosialnya rendah
       - Ketergantungan dengan alam
       - Hidup saling bekerja sama

  • Hubungan Antara Manusia dan Peradaban dengan Masyarakat Kota dan Suku Pedalaman
       Hubungan keberadaban masyarakat kota dan suku pedalaman dengan manusia dan peradaban adalah pola pemikiran manusia yang beradab senantiasa menjunjung tinggi aturan-aturan, adat-istiadat, nilai-nilai kehidupan yang berkembang diperadaban masing-masing tanpa merubah pertumbuhan dan perkembangan peradaban itu sendiri.


III. Penutup

  • Simpulan
          Masyarakat kota dan suku pedalaman memiliki adab masing-masing, jika masyarakat kota lebih terarah pada peradaban masa kini, sedangkan suku pedalaman masih sangat kental dengan adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan lama.
  • Ktirik dan Saran
          Saran terhadap masalah dalam materi ini adalah agar orang-orang lebih menghargai peradaban dari setiap perilaku masyarakat kota dan suku pedalaman yang memiliki masing-masing perilaku kehidupan. Makalah ini sangat minim dalam sumber bacaan, sehingga masih banyak kekurangan, maka dari itu kami sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca.


Daftar Pustaka

Suratman, Dkk. 2010. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Intimedia. Malang
Setiadi, Elly M, Dkk. 2012. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar edisi Kedua. Kencana. Jakarta
http://ifzanul.blogspot.com/2010/06/masyarakat-tradisional-masyarakat.html
http://www.apakabardunia.com/2012/04/eart-day-masyarakat-adat-indonesia.html
http://putrawanchi71.blogspot.com/2012/07/suku-togutil-suku-terasing-di-pedalaman.html

Isi Mini Makalah ini sesuai dengan cetakan. Silahkan diperbaiki, Semoga bermanfaat.




Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Aku (Simu)

My photo
: Tuang kata, ukir makna, pena menari, acak akal, kaya-karya.

Comments