In

ASAM LAMBUNG



Banyak orang menganggap remeh penyakit asam lambung. Padahal, jika asam lambung ini naik ke tenggorokan atau kerongkongan akan mengakibatkan kerusakan saluran tenggorokan yang pada giliran akan mengakibatkan kanker.
Penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan disebut GERD ( gastroesophageal reflux disease). Gejala GERD ciri-cirinya adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman saat menelan, dan rasa sakit saat menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam yang frekuen, batuk lama rekfakter dengan pengobatan, suara serak, mual dan muntah, nyeri dada nonkardiak, dan sendawa.
Sebagai pencegahan, kita perlu mmengetahui cara mengatur pola makan yang teratur, dan kebiasaan yang lainnya seperti meninggikan kepala kurang lebih 15 cm saat tidur.

Penyakit asam lambung adalah penyakit karena naiknya produksi asam lambung di saluran pencernaan tepatnya di lambung. Penyebab asam lambung kambuh adalah asupan makanan yang kurang baik. Asupan makanan yang kurang baik merupakan makanan yang kadar keasamannya tinggi dan dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung diperut.
Penyebab asam lambung kambuh juga bisa dikarenakan pola makan yang tidak teratur. Hormon stres juga dapat memicu penyakit ini kambuh. Gejala yang dirasakan penderita ketika asam lambung kambuh adalah nyeri pada bagian ulu hati ini artinya produksi asam lambung sedang meningkat.
Lambung yang mengoreng ini menunjukkan beberapa gejala yang signifikan. Pada beberapa organ infeksi ini menimbulkan gejala :
  • Rasa nyeri dan terbakar pada daerah perut
  • Mual, terasa kembung kadang disertai muntah
  • penderita sering sendawa
  • Penurunan berat badan. Segera berkonsultasi dengan dokter jika didapatkan g ejala :
  • Rasa nyeri yang sangat parah dan menetap pada daerah perut
  • Kesulitan menelan
  • Buang air besar berdarah kehitaman
  • Muntah darah atau mengeluarkan muntahan berwarna seperi kopi.
Makanan pedas yang selama puluhan tahun diyakini sebagai penyebab tukak lambung mengoreng, kini sudah tidak lagi dianggap sebagai penyebab utama. Penyebab utama tukak ternyata adalah infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori. Kuman H.
Akibat infeksi tukak lambung, dapat terjadi berbagai komplikasi diantaranya :
  • Tukak/ koreng pada lambung dikenal dengan ulkus. Kondisi ini terjadi karena lapisan pelindung pada lambung dirusaknya oleh kuman H. pylori.
  • Radang pada dinding lambung, sehingga dikenal dengan penyakit gastritis. Biasanya kondisi ini merupakan tahap awal, sebelum terjadinya tukak.
  • Kanker lambung. Infeksi H.Pylori merupakan faktor resiko kuat terjadinya kanker lambung.

·         Penyakit naiknya asam lambung dapat mempengaruhi umur yang berbeda dari bayi, remaja, dan juga orang dewasa. Gangguan ini harus di beri perhatian khusus karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan.
·         Naiknya asam lambung bisa diketahui melalui gejala yang berhubungan dengannya. Gejala seperti rasa panas di dada atau tenggorokan, suara mendesah, suara serak atau gejala lainnya yang sama tidak boleh dibiarkan, karena gejala naiknya asam lambung juga sama dengan serangan jantung. Seseorang dengan gejala ini harus cepat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukkan apakah memiliki penyakit asam lambung atau gejala serangan jantung. Setelah dokter mendiagnosis seseorang dengan penyakit naiknya asam lambung, maka mereka harus menggunakan obat yang tepat untuk menangani kondisi ini dan mencegah masalah lebih lanjut. Masalah naiknya asam lambung disebabkan salah satunya karena asupan makanan yang kurang bergizi dan tidak menerapkan pola hidup sehat yang baik pada kehidupan sehari-hari 
·         Banyak orang mengetahui, penyakit naiknya asam lambung dapat terjadi kapan saja tetapi mungkin juga terjadi setelah mengkonsumsi makanan berat dengan kadar asam tinggi. Dengan demikian, setiap orang harus menghindari makanan yang sangat asam untuk mencegah asam lambung naik.
Hindari:
·         makanan yang digoreng dan berlemak
·         cokelat
·         humburger / hotdog
·         jeruk
·         tomat
·         bawang putih
·         bawang merah
·         lada hitam
·         bubuk cabai
·         kembang kol
·         kubis
·         brokoli
·         teh
·         kopi
·         soda
Cara makan juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit asam lambung.
Jika anda mengalami diare yang disertai dengan rasa nyeri pada perut, pada umumnya anda diharapkan untuk meghindari makanan yang bisa menimbulkan iritasi seperti alkohol, kafein dan makanan yang banyak bumbunya. Mengobati asam lambung dengan jalan sehat salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan mentah dan disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dalam kaleng yang kulitnya telah dikupas serta sayur-sayuran yang telah diolah. Hindari juga sari buah-buahan yang berkonsentrasi tinggi atau makanan yang bisa menyebabkan iritasi seperti sari jeruk.
Cara mengunyah lebih sering dan lebih mampu mengurangi kembung. Dengan mengunyah lebih lama bukan dikarenakan supaya makanan menjadi hancur melainkan untuk memberikan kesempatan agar meningkatnya volume air ke dalam makanan tersebut. Karena dalam ludah manusia terdapat berbagai jenis enzyme seperti lipase, lisozim, amylase, mukosa, elektrolit dan bakterisida.

Sumber: asamlambung.org

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Aku (Simu)

My photo
: Tuang kata, ukir makna, pena menari, acak akal, kaya-karya.

Comments